Rabu, 26 November 2008

5. Dorabase

Pengarang : Mugiwara Shintaro
Penerbit : Elex Media Komputindo
Rating : Everyone
Volume : 1-12 (now)
Story : 3/5
Ilustration : 4/5
Sentris Karakter : Kuroemon


Mugiwara sensei mungkin dulunya adalah murid atau asisten dari Fujiko sensei, yang kemudian berusaha menciptakan karakter dan cerita yang berbeda dengan seri Doraemon pendahulunya (walaupun masih tetap berkiblat pada Doraemon). Akhirnya, lahirlah cerita olah raga baseball yang dimainkan di abad 22.

Resensi:
Ternyata di abad 22, olah raga baseball menjadi trend. Dengan adanya tambahan aturan yaitu diperbolehkan menggunakan peralatan ajaib yang jumlah maupun jenisnya telah ditentukan oleh wasit. Sehingga dengan peralatan ajaib itu kita dapat dengan mudah mencurangi lawan de es be. Mungkin bagi penggemar komik baseball, cerita pada Dorabase ini terlihat aneh, tapi disitulah sisi menariknya. Benar-benar suatu ide yang baru. Pernah kebayang nggak, bagaimana cara menggunakan Tongkat Pemindah Noda atau Setrika Penipis Barang dalam baseball??? Dan pernah kebayang juga nggak, bagaimana jika baseball dan sepakbola digabung??? Yang jelas ide critanya unik, tapi kelemahannya saat ini adalah cerita yang terlalu dipanjang-panjangkan, BORING…. Padahal awal inti ceritanya adalah tentang 2 robot (Kuroemon dan Shiroemon) yang selalu gagal dalam melakukan apapun tetapi benar-benar menyukai baseball. Yang akhirnya terjadi perbedaan pendapat dan memilih jalannya masing-masing, dan kemudian mereka bertemu kembali sebagai rival seumur hidup dalam hal baseball. Selain nilai-nilai persahabatan, Mugiwara sensei juga bermaksud menyampaikan pesan untuk tidak pernah menyerah dalam situasi apapun, hal itu tergambar jelas pada karakter Kuroemon.

Pada kenyataannya, Dorabase dapat disejajarkan dengan serial Doraemon Petualangan season 1, walaupun dari cerita terdapat selisih skor 1 poin, tapi dari segi gambar Dorabase lebih baik daripada Doraemon Petualangan, karena sudah dilakukan penyempurnaan di sana-sini dan mulai meninggalkan metode kunonya (panel kotak-kotak)

Tidak ada komentar: